Hair extension memang pilihan praktis untuk mengubah penampilan dengan cepat. Banyak orang suka pakai hair extension untuk menambah volume rambut atau memanjangkan rambut seketika tanpa harus nunggu berbulan-bulan. 

Selain itu kamu juga bisa punya rambut berwarna tanpa harus bleaching atau coloring rambut yang bisa membuat rambut rusak. Ada juga yang pakai buat nutupi area kebotakan atau bikin poni sementara untuk menghadiri acara spesial.

Hair extension telah menjadi fenomena yang populer, digunakan tidak hanya oleh artis KPOP tetapi juga oleh banyak orang di seluruh kalangan. Tidak hanya salon besar, salon berukuran kecil hingga menengah pun kini menyediakan layanan hair extension.

8
8
7
7
6
6
previous arrow
next arrow
Shadow

Ada beragam jenis hair extension yang tersedia di pasaran, mulai dari yang temporary hingga permanen. Ada yang terbuat dari rambut asli ataupun serat sintetis. Buat kamu yang belum pernah pakai hair extension, pasti banyak banget pertanyaan mengenai hair extension

“Pakai hair extension sakit ga sih?”

“Berapa bulan sekali harus perawatan hair extension ke salon?”

“Jenis hair extension ada apa aja sih?”

Supaya kamu tidak bingung dan tidak salah pilih hair extension yang ada di pasaran, mending cek dulu yuk jenis rambut kamu dan jenis hair extension apa yang paling cocok dengan rambutmu.

Jenis Rambut

Kamu tau gak jenis rambut ada apa aja? Lurus? Keriting? Sebenernya banyak banget jenis rambut yang bisa kita temui. 

Setiap orang memiliki jenis rambut yang unik, dipengaruhi oleh genetika dan perawatan. Ada yang halus, tebal, atau kasar, dan bentuknya bisa lurus, bergelombang, atau keriting. Beberapa orang memiliki rambut berminyak atau kering.

Mengetahui jenis rambut kamu adalah langkah awal untuk jenis hair extension apa yang tepat untuk rambutmu. Dengan mengetahui jenis rambut, kita dapat menentukan hair extension apa yang sesuai agar tidak merusak rambut dan terlihat lebih natural. Yuk simak beberapa jenis rambut di bawah ini!

1. Rambut Lurus

Rambut lurus memiliki karakteristik halus dan licin. Karena strukturnya yang lurus, rambut jenis ini seringkali lebih mudah untuk ditata dan diatur sesuai dengan gaya yang diinginkan.

Rambut lurus cenderung tampak kurang bervolume, terutama pada individu yang memiliki tekstur rambut yang sangat halus dan tidak memiliki gelombang. Saat berhadapan dengan cuaca yang lembab, banyak orang dengan rambut lurus yang mengalami masalah seperti rambut yang cepat lepek dan kusut.

hair extension atau rambut sambungan untuk rambut lurus

Metode yang cocok: Clip-In, Tape-In, dan Fusion (Bonded) Hair Extensions.

Kamu yang punya rambut lurus punya beberapa pilihan hair extension yang bisa kamu coba. Clip-in Extensions, misalnya, adalah contoh hair extension yang bisa kamu pasang tanpa bantuan profesional. Kamu dapat dengan mudah membuka dan memasang klip ke bagian rambut kamu dan mengubah penampilan kamu dengan seketika. Pilihan tebal, panjang, dan warna tersedia di beberapa toko peralatan salon yang bisa kamu beli secara online.

Kamu juga bisa coba Tape-in Extensions. Tipe extension ini juga mudah dipasang dan kelekatannya yang lebih tahan lama. Tape-in extension biasanya dilengkapi dengan lem khusus untuk ditempelkan ke bagian dalam rambut. Keunggulannya tipe extension ini juga terasa ringan dan natural.

Tipe hair extension ketiga yang bisa kamu coba yaitu Fusion Bonded Extensions, atau dikenal juga sebagai Keratin Bonded Extensions. Tipe hair extension ini menggunakan lem keratin untuk mengikat extension dengan rambut asli. Meskipun proses pemasangannya memerlukan keahlian khusus dan lebih lama dibandingkan metode lainnya, fusion bonded extensions cenderung memberikan tampilan yang sangat alami dan tidak terlihat jendolan pada rambut lurus.

2. Rambut Bergelombang

Secara umum, rambut gelombang cenderung lebih kasar daripada rambut lurus, namun lebih halus dibandingkan dengan rambut keriting. Rambut gelombang biasanya memiliki elastisitas sedang. Ini berarti rambut memiliki kemampuan untuk meregang tetapi kembali ke bentuk aslinya dengan relatif cepat.

Rambut gelombang lebih rentan terhadap kerusakan atau pecah dibandingkan dengan rambut lurus, terutama kalau tidak dirawat dengan baik. Bagian gelombang rambut, terutama ujungnya, cenderung lebih rentan terhadap patah atau kerusakan, terutama jika terpapar panas atau bahan kimia secara berlebihan.

hair extension untuk Rambut sambungan Bergelombang

Metode yang Cocok: Tape-In, Sew-In (Weave), dan Micro Link (Micro Bead) Hair Extensions.

Metode Tape-in extension, yang menggunakan pita perekat tipis, sangat cocok untuk rambut dengan tekstur gelombang. Tape-in extensions terbuat dari pita yang tipis dan ringan, sehingga tidak menambah beban berlebih pada rambut bergelombang.  Metode tape-in extension dapat lebih mudah ditempelkan di rambut dengan tekstur gelombang dibandingkan dengan rambut keriting.

Selain itu, rambut bergelombang juga cocok menggunakan Weave Hair Extension. Weave biasanya ditanamkan ke dalam kepala menggunakan teknik braiding atau mengepang. Ini memberikan tampilan yang lebih alami dan menyatu dengan rambut asli bergelombang.

Rambut bergelombang juga cocok dengan tipe Micro-beads Hair Extension. Micro-beads dipasang tanpa menggunakan perekat kimiawi, mengingat rambut bergelombang lebih rentan rusak dibandingkan rambut lurus. Micro beads juga memberikan fleksibilitas pada rambut bergelombang, sehingga hair extension tidak terasa kaku atau tidak nyaman.

3. Rambut Keriting

Beberapa tipe rambut keriting mungkin terasa kasar atau kering, terutama jika kurang terhidrasi dengan baik, sementara yang lain mungkin lebih halus tergantung pada jenis dan perawatan.

Meskipun rambut keriting mungkin tampak kuat dan tebal, rambut keriting seringkali lebih rentan terhadap kerusakan atau patah, terutama di area yang kering. Bagian keriting rambut cenderung lebih kering dibandingkan dengan bagian rambut yang lain, sehingga membutuhkan perawatan dan hidrasi tambahan untuk menjaga kesehatan dan elastisitasnya.

rambut sambungan untuk Rambut Keriting

Metode yang Cocok: Micro Link (Micro Bead), Sew-In (Weave), dan Fusion (Bonded) Hair Extensions.

Rambut keriting dengan tekstur yang kaku dan berdefinisi jelas memerlukan metode yang dapat menyesuaikan dengan keriting alaminya. Metode seperti micro link, sew-in, dan fusion dapat mengakomodasi tekstur keriting dan memberikan tampilan yang seimbang.

Seperti rambut gelombang, Micro-beads Extension cocok digunakan untuk rambut keriting agar tidak membuat rambut rusak dan kasar karena perekat bahan kimia. Teknik ini juga bisa menciptakan tampilan yang seimbang dan sesuai dengan struktur rambut keriting.

Sew-in extensions atau hair weave juga merupakan pilihan yang cocok untuk rambut keriting. Teknik braiding atau mengepang dapat menjaga kekuatan dan kealamian keriting rambut, sambil memberikan volume dan panjang yang diinginkan. Sew-in extensions memberikan tampilan yang serasi dengan keriting alami, menciptakan hasil yang estetis dan seimbang.

Walaupun rambut keriting lebih rentan rusak terhadap perekat berbahan kimia, beberapa orang lebih suka menggunakan Fusion Extensions pada rambut keriting karena tahan lama dan menyatu dengan baik dengan struktur rambut keriting. Metode Fusion Extension juga memberikan fleksibilitas untuk menciptakan berbagai gaya rambut, sesuai dengan keinginan pemakai.

4. Rambut Halus

Rambut halus seringkali memiliki tekstur lembut saat disentuh. Ini membuatnya tampak lebih tipis daripada jenis rambut lainnya. Rambut halus biasanya kurang memiliki volume alami, yang dapat membuatnya tampak lepek atau datar.

Rambut halus umumnya kurang kuat dan elastisitasnya rendah daripada jenis rambut yang lebih tebal atau kasar. Ini membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan, patah, atau penyisiran yang kasar. Karena kekuatannya yang rendah, rambut halus membutuhkan penanganan yang lembut dan perawatan khusus untuk mencegah kerusakan atau patah.

hair extension untuk rambut halus

Metode yang Cocok: Clip-In, Tape-In, dan Micro Link (Micro Bead) Hair Extensions.

Rambut halus memerlukan metode yang ringan dan tidak memberikan tekanan berlebih pada akar rambut. Metode seperti clip-in, tape-in, dan micro link dapat memberikan volume dan tekstur tanpa merusak rambut halus.

Clip-in extension adalah pilihan praktis untuk menambahkan volume dan texture untuk tipe rambut yang halus. Kamu hanya perlu hati-hati dalam memilih tipe rambut yang dipakai sebagai hair extension dan tanyakan kepada profesional atau penjual hair extension online dengan lebih detail.

Selanjutnya, Tape-in extensions memberikan penempelan yang aman tanpa memberikan tekanan berlebih pada akar rambut halus. Teknik ini memungkinkan penambahan volume dan tekstur dengan cara yang lembut dan tidak merusak struktur rambut halus.

Selain itu, Micro beads extensions juga memberikan penempelan yang ringan dan tidak memberikan tekanan yang berlebihan pada rambut halus, sambil tetap memberikan volume dan tekstur yang diinginkan.

Pemilihan metode hair extension yang tepat untuk rambut sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan matang dan konsultasi dengan seorang profesional ahli hair extension. Dengan demikian, rambut dapat tetap terjaga kelembutannya sambil mendapatkan penampilan yang diinginkan.

Spread the love

Subscribe To Our Newsletter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *