Gaya rambut messy bun menjadi andalan untuk tampil segar secara effortless. Tertarik mencoba? Baca dulu ulasan berikut ini.

Cara mendapatkan gaya rambut messy bun

Guna mendapatkan gaya rambut messy bun yang effortless dan tetap awet, berikut ini sejumlah tutorial yang patut Anda lakukan.

1. Pastikan rambut kering

Langkah pertama yang paling penting untuk menata gaya rambut messy bun adalah memastikan rambut Anda sudah kering supaya lebih mudah ditata.

Waktu ideal yang pas adalah 1-2 hari setelah keramas, karena pada saat ini tekstur rambut Anda tidak terlalu berminyak sehingga cepolnya bisa stay dan memberikan finish yang alami serta bervolume.

2. Ikat rambut jadi ponytail

Jika Anda sudah memastikan rambut dalam keadaan kering, Anda bisa langsung mengikat rambut dengan hair band sehingga membentuk kuncir satu atau ponytail di bagian belakang. 

Namun, sebaiknya jangan menguncir semua rambut untuk mendapatkan messy bun. 

Justru, Anda perlu membiarkan beberapa helai menjuntai di bagian belakang dan samping kepala, karena mengikat ponytail yang sedikit lebih berantakan dari biasanya juga akan membuat hasil akhir gaya rambut Anda lebih natural.

Anda bisa mengikat rambut menjadi ponytail tinggi, atau sekitar 5 cm secara diagonal di atas telinga.

Gunakan beberapa karet rambut untuk mengikatnya agar lebih kencang, terutama kalau rambut Anda tebal.

3. Sisir dan pilin ponytail

Usai menguncir rambut Anda jadi ponytail, ambil sisir bergigi jarang dan sisir kuncir kuda ke arah atas sebanyak 3 kali.

Metode teasing ini akan membuat helai-helai rambut Anda menjadi sedikit lebih berantakan sekaligus bervolume, cocok untuk messy bun yang alami dan effortless.

Tak hanya itu, menyisir ponytail juga akan memudahkan Anda membagi rambut menjadi dua atau tiga bagian yang diperlukan untuk langkah penataan rambut berikutnya, lho.

Sehabis menyisir rambut, ambil bagian ponytail yang sudah Anda pisahkan lalu angkat ke bagian atas. Kemudian, pilin rambut secara terus-menerus dalam gerakan melingkar hingga membentuk cepol khas gaya rambut messy bun.

Cara memelintir atau memilih ponytail dari dekat karet hingga ujung rambut ini, akan membentuk rambut secara melingkar mengelilingi ponytail tersebut sehingga tercipta gaya rambut bun alias sanggul atau cepol.

4. Dukung dengan jepit dan hairspray

Guna mendapatkan hasil gaya rambut messy bun yang tidak gampang lepas, gunakan beberapa jepit rambut di bagian bawah, terutama di tempat messy hair bun berakhir.

Semakin tebal rambut, maka semakin banyak jepit yang Anda butuhkan.

Selain itu, sebagai sentuhan terakhir, gunakan hair spray agar tatanan rambut lebih awet dan tahan lama.

Langkah ini esensial terutama jika Anda akan berada di luar dalam waktu lama dan tidak punya waktu untuk melakukan touch up.

Pilihan gaya rambut messy bun

Setelah mengetahui beragam cara menata gaya rambut messy bun, berikut ini pilihan gaya ikat messy bun yang bisa Anda coba.

1. Classic messy bun

Gaya rambut messy bun satu ini cocok untuk Anda yang menyukai gaya rambut dengan look simpel sekaligus menarik.

Proses menguncir rambut dengan gaya messy bun pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Classic messy bun menjadi gaya kuncir rambut ala Korea yang mampu memberi kesan chic dan keren.

Eits, tergoda untuk mencoba gaya rambut messy hair wanita yang sedikit beda?

Alih-alih memilin ponytail yang sudah terbentuk, Anda juga bisa langsung meremas-remasnya hingga membentuk satu messy hair bun besar. Tampilan ‘I woke up like this‘ yang keren bisa Anda dapatkan dengan mudah.

2. Korean half-up messy bun

Adapun variasi gaya rambut messy bun yang juga jadi andalan wanita Korea untuk tampil fun dan cute adalah Korean half-up messy bun ini.

Panjang rambut tak jadi masalah untuk gaya yang satu ini, sehingga bisa jadi pilihan untuk bun rambut pendek.

Cara mengikat rambut ini pun cukup sederhana. Caranya, pilih bagian atas rambut, lalu ikat dengan aksesori seperti scrunchie atau pita. Kemudian, tata rambut menjadi bentuk bun yang longgar. Selain itu, biarkan sisa rambut bagian bawah tergerai.

Untuk variasi, geraian rambut bagian bawah Anda juga bisa diberi sedikit aksen gelombang dengan curling iron agar terlihat lebih indah. 

Anda bisa menggunakan gaya ini untuk berbagai kesempatan, mulai dari acara santai hingga hangout bersama teman.

Gaya rambut yang soft ini akan memberikan kesan stylish pada gaya rambut dan tidak membosankan.

Tak hanya itu, half up bun juga sangat cocok untuk menyiasati poni yang mulai panjang agar tidak mengganggu penampilan dan jarak pandang saat beraktivitas.

3. Low knot bun

Kalau Anda ingin cepolan yang agak rendah, gaya rambut messy bun satu ini bisa dicoba.

Gaya ini bahkan bisa dicoba oleh beberapa tipe dan panjang rambut.

Untuk mendapatkan bun rambut pendek ini, Anda bisa melewati langkah membuat ponytail.

Langsung pilin rambut dan melingkarkannya, lalu ikat dengan karet.

Jangan lupa rapikan bun rambut pendek ini dengan bantuan jepit, ya.

Itulah beragam ulasan mengenai gaya rambut messy bun. Jadi, kapan Anda mau coba?

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter