Gaya taper fade haircut menjadi salah satu tren rambut favorit bagi sebagian besar kalangan pria. Gaya cukuran taper ini memiliki berbagai potongan dan desain yang kreatif, sehingga dapat memberi kesan yang unik, berani, dan macho. Tertarik mencoba? Baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu taper fade haircut?

Potongan rambut taper fade disebut dengan istilah demikian karena memiliki ciri khas berupa potongan rambut di bagian samping dan bawah.

Mengingat teknik yang digunakan taper fade haircut adalah bergradasi, model rambut klasik ini akan semakin menipis mengikuti bentuk garis alami rambut, mulai dari bagian tengah hingga ke bawah.

Model rambut taper fade juga menunjukkan garis rambut yang jelas dengan rambut atas dibuat lebih panjang. Penasaran apa saja variasi gaya taper fade haircut? Berikut beragam ulasannya.

11 variasi taper fade haircut

Berikut telah kami rangkum sejumlah variasi gaya taper fade yang bisa Anda coba.

1. Quiff taper fade

model rambut quiff fade

Potongan taper fade satu ini cocok untuk Anda yang rutin merawat brewok di area pipi dan dagu, karena gaya rambut ini sangat cocok jika dipadukan dengan brewok.

Sesuai namanya, potongan rambut taper fade satu ini memadukan gaya rambut quiff dengan teknik taper fade.

Untuk mendapatkan potongan ini, alih-alih memotong bagian atas rambut dekat kulit kepala, tukang cukur akan menyisakan dua inci panjangnya di garis rambut. Bagian ini akan meruncing mendekati bagian belakang kepala.

Hasilnya adalah gaya rambut yang terkesan klasik dan rapi.

Tidak lupa volume rambut di bagian atas membuat wajah lebih proporsional. 

2. Low taper fade

taper fade haircut low taper fade

Bagi Anda yang ingin mempertegas tulang pipi, cobalah taper fade haircut yang satu ini.

Gaya low taper fade cenderung lebih halus gradasinya, karena potongannya dimulai dari daun telinga dan mengikuti garis rambut hingga tengkuk.

Meskipun efek kontras tak terlihat tegas, gaya ini tetap mampu membuat penampilan Anda terlihat rapi dan tertata karena tidak ada bagian rambut yang berantakan sekitar telinga hingga leher. 

Tentunya berbeda dengan potongan rambut mid fade atau medium fade yang penipisannya ada di tengah, atau setara dengan 2 jari.

Potongan low fade ini akan memberikan sisa rambut bagian atas yang bisa dibentuk macam-macam, seperti cepak, medium, dan sebagainya.

Potongan low fade ini lebih cocok untuk Anda yang punya wajah panjang. Namun, tak perlu khawatir, penipisan low taper fade di bagian bawah tak akan bikin wajah Anda terlihat kecil dan terlalu panjang.

3. Comb over

taper fade haircut comb over

Punya area rambut yang tipis atau hampir botak? Bisa jadi Anda cocok dengan taper fade haircut satu ini.

Comb over atau yang sering juga disebut slicked back menjadi salah satu cara menata rambut pria yang paling mudah karena hanya tinggal menyisir rambut ke arah belakang.

Potongan rambut ini bisa menyiasati area kebotakan Anda.

Dengan potongan rambut taper fade haircut, Anda bisa membiarkan bagian atas lebih panjang. Kemudian sisir ke samping atau ke belakang untuk menutup bagian yang botak.

Untuk Anda yang ingin memanjangkan rambut atau ingin tetap memiliki rambut panjang, jenis potongan ini juga cocok untuk Anda, lho.

Potongan ini menggabungkan untaian rambut yang ramping dengan sisi yang meruncing.

Namun, untuk membentuk gaya tersebut, Anda perlu menggunakan pomade atau powder hair.

4. Bald taper fade

bald taper fade haircut

Bald taper fade sering juga disebut dengan istilah skin fade haircut.

Bukan tanpa alasan, karena bagian samping dan belakang rambut dicukur fade hingga menghasilkan kontras yang mencolok antara bagian bawah dan atas rambut.

Sedangkan untuk bagian atas bisa menyesuaikan dengan jenis rambut Anda. Anda bisa membuatnya mohawk, poni samping, hingga messy looks.

Gaya potongan ini terbilang tidak ketinggalan zaman berkat gradasi kontras yang mencolok menjadi ciri khas gaya potongan ini.

Untuk potongan rambut yang lebih segar, bagian atas bisa dibiarkan memanjang dan dipotong bertekstur, dan bahkan bisa lebih pas lagi kalau diaplikasikan pada rambut bergelombang atau ikal.

5. Pompadour taper fade

taper fade haircut pompadour

Model taper fade haircut satu ini menggabungkan antara pompadour dan taper fade.

Jenis potongan ini dikenal mampu memberikan kesan yang klasik dan modern, karena ciri khasnya berupa rambut panjang di atas kepala dengan sisi samping yang dipotong pendek.

Jenis potongan ini sering menggunakan pomade atau gel .

Jangan lupa gunakan hair powder, pomade, atau gel untuk memberikan tekstur dan mempertahankan pompadour yang mengembang, sehingga rambut bagian atas terlihat lebih rapi.

6. Burst taper fade

taper fade haircut burst fade

Gaya potong taper fade ini memiliki ciri khas berupa potongan di bagian samping rambut yang hanya dilakukan di dekat telinga seperti membentuk setengah lingkaran.

Burst taper fade menggabungkan line up dengan side taper fade yang membuat bagian atas dan samping menjadi menonjol.

Anda bisa memadukan taper fade haircut satu ini dengan gaya mohawk atau mullet agar tampil lebih outstanding.

7. Man bun taper fade

taper fade haircut man bun

Siapa bilang pemilik rambut gondrong tak bisa mencoba taper fade haircut?

Gaya rambut ini terbilang unik karena bagian samping dibuat gradasi yang hampir botak, sedangkan rambut bagian atas dibiarkan gondrong dan diikat.

Potongan man bun taper fade memiliki ciri khas rambut yang tebal dan panjang di bagian atas agar dapat dicepol.

Tukang cukur biasanya akan membuat rambut bagian samping dan belakang dipotong hingga tipis.

8. Caesar taper fade

caesar taper fade haircut

Nyatanya, Anda juga bisa mengombinasikan gaya rambut caesar cut dengan teknik cukuran taper fade, lho.

Potongan rambut taper fade ini cocok untuk Anda yang tidak suka memiliki rambut terlalu panjang. Rata-rata panjang rambut bagian atas pada caesar fade ini adalah 5 cm.

Anda juga bisa membuat tekstur sendiri pada bagian atas rambut agar gaya rambut jadi lebih menarik.

9. Faux-hawk fade

faux hawk taper fade haircut

Bagi Anda penyuka mohawk, bisa coba memadukan bagian atas rambut dengan gaya mohawk dan cukuran taper fade atau burst fade di bagian samping. Mohawk fade dibuat dengan gradasi di sisi samping dan tetap membuat gaya mohawk di sisi atas. Potongan ini menggabungkan faux hawk dengan fade haircut. Gaya ini membuat tampilan menjadi berani dan menarik.

Ciri khas dari potongan ini adalah bagian tengah rambut yang lebih panjang dan mengarah ke atas, mirip dengan mohawk. Di kepala bagian samping dan belakang kepala, rambut dipotong pendek.

10. Temple taper fade

temple taper fade

Penipisan fade pada temple taper fade ada pada area pelipis, sehingga dinamakan temple taper fade.

Variasi taper fade haircut yang cocok untuk rambut tebal ini memiliki volume pada bagian depan yang menipis.

Untuk menatanya, Anda bisa menyisir rambut ke arah samping belakang dengan klimis.

11. Medium fade (mid fade)

medium fade

Variasi taper fade haircut ini memiliki penipisan yang lebih naik dibanding low fade.

Haircut yang satu ini ternyata selalu direkomendasikan oleh para tukang cukur, lho. Sebab, ini cocok untuk berbagai tipe wajah.

Itulah berbagai inspirasi taper fade haircut yang patut dicoba. Selamat mencoba!

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter